PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER

Posted: Juli 4, 2011 in Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

  • Tipe Jaringan Komputer

Berdasarkan fungsinya jaringan dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu
1. Jaringan peer to peer atau point to point

Jaringan peer to peer adalah bentuk konektivitas yang setiap terminal memiliki peran dan derajat yang sama. Peer To Peer dibentuk dengan cara menghubungkan setiap terminal secara langsung sehingga masing-masing terminal dapat ber bagi data, aplikasi dan peripheral lainnya. semua terminal dapat bertindak sebagai workstation/client atau sebagai Non Dedicated Server (server tidak murni), oleh karena tu Peer To Peer tidak dirancang untuk WAN. Contoh Nos Peer To Peer, MS Windows for Workgroup dan lain-l ain.

2. Jaringan file server

Jaringan file server adalah jaringan komputer yang terdapat terminal khu sus yang disebut server yang memiliki kapasitas harddisk yang sangat besar. server tersebut hanya akan bertindak sebagai tempat penyimpanan data/file bersama, namun tidak ada pelayanan komputasi. contoh sistem operasi file server antara lain: Novell Netware, IBM LAN Server, Unix Network File Sistem (NFS) dan lain-lain.

3. Jaringan clien – server

Jaringan client-server adalah jaringan komputer yang pengembangan dari jaringan file server. pada jaringan client-server mengenal adanya server dan client yang memiliki fungsi berbeda. server digunakan sebagai sumbet daya untuk sejumlah client dan juga untuk mengatur administrasi jaringan komputer. sedangkan client adalah ko mputer yang terhubung dengan server dan menggunakan resourse server. pada jaringan client-server selain memberikan fasilitas pelayanan file juga memberikan pelayanan komputasi. Contoh sistem operasi jaringan client-server adalah unix, windows NT dan lain-lain.

  • JENIS JARINGAN KOMPUTER

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubu

ngkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misa

lnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN

), pada dasarnya merupakan versi LAN ya

ng berukuran lebih besar dan biasanya menggun

akan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

 

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,

seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

 

 

4. Internet

 

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel

 

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Iklan
Komentar
  1. abdul qohhar berkata:

    maaf bapa sebelumnya saya numpang copas buat bahan tambahan skripsi saya
    yang saya copas bagian JARINGAN KOMPUTERnya,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s