Dioda Sebagai Pengaman

Posted: Juli 5, 2011 in electronika

Dioda, dapat diaplikasikan sebagai pengaman peralatan elektronika dari kesalahan-kesalahan yang kadang tidak disengaja. Khususnya untuk peralatan dengan sumber arus tegangan DC.
Dengan memanfaatkan tegangan maju dari dioda, dapat dimanfaatkan untuk melindungi peralatan elektronik. Dioda ditempatkan pada jalur masukan tegangan positif, dimana tegangan listrik yang melewati dioda hanya dapat mengalir satu arah. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat dalam gambar berikut :
Tegangan positif melewati dioda yang dipasang sedemikian, sehingga hanya arus listrik dengan polaritas yang benar dapat melewati dioda dan diteruskan ke peralatan elektronik. Cara ini cukup efektif, tetapi terdapat rugi arus listrik sebesar 0,7Volt untuk dioda silikon dan 0,2Volt untuk dioda germanium.
Terdapat cara lain untuk mempertahankan tegangan listrik sumber yang digunakan peralatan elektronik dengan menggunakan dioda. Cara tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
Dengan memasang dioda seperti pada gambar, dapat diperoleh tegangan yang utuh. Guna memaksimalkan kemampuan dioda dalam melindungi peralatan elektronik, diperlukan kemampuan dioda meneruskan arus yang lebih besar dari kapasitas fuse. Ini Perlu dilakukan guna mencegah kerusakaan dioda akibat beban arus terbalik yang melebihi kapasitas fuse.
Dengan mengganti dioda dengan dioda Zener, maka pengamanan dapat ditingkatkan dengan membatasi tegangan yang berlebih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s