Terminologi Komputer

Posted: Juli 5, 2011 in edukasi, hardware, informasi IT


Istilah

Pengertian

Database Sekelompok data/informasi yang diorganisasikan sedemikian sehingga sebuah program komputer dapat secara cepat memilih bagian-bagian tertentu dari data tersebut.  Secara mudah, database dapat disebut sebagai sistem pengarsipan elektronik.
Dial-up Koneksi sementara antara komputer melalui hubungan telepn biasanya dengan modem.  Tidak seperti koneksi dedicated, koneksi dial-up terjadi dalam durasi waktu tertentu satu sesi.
Ethernet Sebuah standar IEEE 802,3 yang menggunakan akses koneksi melalui kabel twisted-pair dan koaksial.  Skema jaringan berkecepatann 10 juta bit per detik ini pertama kali dibangun oleh Xerox Corp.  Ethernet banyak digunakan pada kampus karena mampu menangani berbagai jenis komputer.
Frame Jendela yang tampak pada layar monitor sebuah komputer ketika membuka suatu aplikasi tertentu.
FTP Singkatan dari File Transfer Protocol.  FTP ini dipakai pada internet untuk mengirim file.
Gateway Sebuah komputer yang melayani konversi protocol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi.  Sebagai contoh, sebuah gateway dapat mengkonversi sebuah paket TCP/IP menjadi paket netware IPX.  Atau Appletalk menjadi Decnet, dll.
Html+ Sebuah standar baru yang sedang ditawarkan yang nantinya akan menggantikan html.  Html+ dirancang untuk meningkatkan kemampuan bahasa tersebut untuk mendapatkan dukungan multimedia yang lebih baik dalam Dokumen.
Hyperlink Link atau sambungan ke sumber lain (bisa file atau halaman yang berbeda).  Biasanya digunakan dalam membangun sebuah web.
IDE Controller Alat yang dipakai untuk mengatur harddiski, cd-rom, dll.
ISP Singkatan dari Internet Service provider (Penyedia Jasa Internet).  Sebuah perusahaan yang menawarkan dan menyediakan jasa internet dikalangan umum.
Kbps Singkatan dari kilobits per second.  Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di suatujaringan.  1 kilobit = 1000 bit.
KBps Singkatan dari kilobytes per second.
L1 Cache Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor.  Berguna untuk menyimpan sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki ketersediaan data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.
L2 Cache Umumnya terdiri dari chip SRAM yang terletak di dekat prosesor.  Meskipun demikian, prosesor Athlon generasi terbaru memiliki L2 Cache on-chip.  Fungsinya sama dengan L1 Cache.  L2 Cache yang dikenal juga dengan nama Secondary Cache adalah memori dengan kecepatan urutan kedua yang disediakan untuk prosesor. (Tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache)
LAN Singkatan dari Local Area Network.  Sebuah jarungan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun digedung perkantoran.  Dapat diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yan jaraknya tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 Mbps hingga 100 Mbps.
MCP Multi-chip package.  Sebuah kombinasi perangkat semikonduktor dalam satu paket biasanya SRAM dan Flash.
Modem Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.  Nama modem diambil dari Modulation.DEModulation.
Network Sekelompok komputer yang terhubung yang dapat saling berbagai sumber daya (seperti printer atau modem) dan data.
Network Adapter Sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan.  Sebuah network adapter dapat berupa kartu PCI ataupun terhubung dengan sebuah komputer secara eksternal melalui USB atau parallel port.
NIC Singkatan dari Network Interface Card.  Sebuah perangkat keras yang dipasang pada komputer agar komputer dapat terhubung ke jaringan.
Partition Table Sebuah tabel pada master boot record harddisk yang menjelaskan bagaimana harddisk tersebut di-set-up, seperti ukuran dan lokasi partisi, sistem operasi mana yang digunakan, dan partisi mana yang akan digunakan untuk melakukan booting.
Pathname Lokasi sebuah file atau folder pada disket atau harddisk.  Contoh: jika sebuah file bernama data.doc disimpan pada folder office di drive c:, maka pathname untuk file ini adalah c:\office\data.doc.
Peer to Peer Suatu meodel komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau internet tanpa melalui sebuah server.  Dalam model ini, tiap pesertanya memiliki kapabilits yang sama dan tidak seorang pun dari peserta dapat memulai suatu sesi komunikasi tersendiri.
Periferal Spesifikasi peralatan pendukung yang dibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secara optimal.
Ping Singkatan dari Packet Internet Groper.  Ssuatu program uji koneksi yang mengirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk prosess pengiriman tersebut.
Platform Dasar penopang sistem kerja suatu komputer.
Script Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman khusus dan biasanya terdiri dari serangkaian perintah.  Script biasanya bekerja bila suatu program aplikassi dijalankan.
Skin Tampilan antar muka suatu program di layar monitor yang dapt diganti-ganti.
Slot Tempat untuk menaruh perangkat-perangkat tambahan periferal pada motherboard.  Misalnya slot AGP untuk kartu grafis, slot ISA slot A (untuk prosesor AMD K6-2) atau slot 1 untuk prosesor Intel Pentium II.
Sound Card Kartu suara.  Suatu komponen yang terdapat pada PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.
Spreadsheet Program aplikasi tabulasi dan pengolahan data pada komputer.
Startup Folder Sebuah folder khusus pada folder start menu program windows.  Program pada folder ini akan bekerja secara otomatis ketika windows dijalankan.
System Board Ssssistem utama yang ada pada komponen-komponen CPU komputer.  Tempat menempelnya komponen-komponen lain.
Teleconferencing Konferensi (rapat) jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geografis.
Template Dokumen berisikan model-model tampilan yang muncul pada saat prosespembuatan dokumen lain.
Workstation Sebuah komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan bukan merupakan server pada jaringan tersebut.
Ymodem Sebuah protocol transfer file yang menambahkan proses batch file ke xmodem.  Beberapa file bisa dikirimkan dalam waktu yang bersamaan.  Ymodem lebih cepat dari xmodem dan mengirim nama file sebelum mengirim datanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s