Peluncuran AMD Zambezi FX 8-Core Terbaru Dengan Arsitektur Bulldozer Ditunda

Posted: Juli 10, 2011 in hardware, informasi IT

 

Sehubungan dengan masalah kecepatan clock yang diformulasikan tidak sesuai dengan harapan, ketersediaan processor AMD Zambezi yang berbasis arsitektur Bulldozer kabarnya bakal sedikit terhambat untuk sementara waktu hingga musim panas tahun ini. Namun demikian adanya, baru-baru ini AMD kabarnya malah telah memperagakan armada produk CPU FX-series 8-core terbarunya tersebut dalam ajang pameran game E3 2011 yang saat ini masih berlangsung di Los Angeles, California – Amerika Serikat.

Dalam debut pertama kalinya ini, AMD tampak sangat berhati-hati sekali dalam memperagakan processor paling barunya tersebut. Dan bahkan AMD tampak terlihat selalu menjaga ketat dari perhatian setiap pengunjung yang tampak sangat bersemangat dan antusias menyaksikannya. Peragaan besutan terbaru AMD kali ini ternyata sangat menarik dan tampak menyedot perhatian yang luas bagi pengunjung yang selama ini memang telah menunggu-nungu dan ingin mengetahui lebih banyak tentang kehebatan arsitektur Bulldozer yang mengusung teknologi hemat energi lebih canggih yang pernah ada dan mampu mengontrol processor pada tingkat core tertentu.

Dengan demikian, hal ini berarti masing-masing dari empat core dapat berjalan pada frekuensi yang berbeda, tergantung pada beban yang sistem operasi tempatkan padanya. Sebelumnya telah dipercaya bahwasanya frekuensi chip hanya dapat dikendalikan hingga ke tingkat modul, maka dengan begitu hal ini merupakan informasi yang menarik dan kiranya akan membantu AMD dalam menerapkan penggunaan daya yang lebih rendah pada arsitektur Bulldozer tersebut.

Dari presentasi yang dilakukannya, AMD tampaknya telah berencana memasarkan chip Zambezi FX 8-inti tersebut yang dikemas dalam bahan kaleng, sedangkan chip six dan quad-core akan dikemasan dalam karton standar.

Dalam acara yang sama, AMD juga telah mengadakan konferensi press untuk memperagakan dunia platform Sabine FX-Series terbarunya. Dari peragaan tersebut, AMD telah memperkenalkan rilis terbaru dari logic motherboard AMD 900-series, kartu grafis AMD Radeon HD 6000 dan tentunya CPU Zambezi yang akan datang.

Menurut publikasi yang dilansir oleh NordiCHardware baru-baru ini, pada mulanya AMD telah berencana akan segera merilis processor Zambezi tersebut mulai bulan Juni ini, tapi  berhubung AMD telah mengalami masalah dengan kecepatan clock yang dicapainya, maka AMD telah menunda rilisnya untuk sementara waktu ini. Kecepatan clock yang dinilai masih kalah cepat dengan chip yang diusung Intel sebagai salah satu pesaing utamanya saat ini, boleh jadi telah menjadi momok yang sangat menghantui AMD dalam memperebutkan persaingan di pasaran chip dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s